MEMBUAT DATA KORELASI



1. Judul:
Korelasi Antara Kebiasaan Menulis dengan Kemampuan Pemahaman Menulis bagi Siswa
Tabel
No
Kebiasaan Menulis (X)
Kemampuan Pemahaman Menulis (Y)
(1)
(2)
(3)
1
80
80
2
75
90
3
75
70
4
90
75
5
70
85
6
70
85
7
75
80
8
85
85
9
65
75
10
85
75
11
70
75
12
60
85
13
85
80
14
85
75
15
80
80
16
75
80
17
70
75
18
70
80
19
75
85
20
75
75
21
75
75
22
75
75
23
85
75
24
75
80
25
65
70
26
80
85
27
70
85
28
65
80
29
95
75
30
80
75
31
70
75
32
70
75
33
80
75
34
70
85
35
80
85
36
80
80
37
75
85
38
75
75
39
71
70
40
70
85
Langkah-langkah untuk menganalisis data tersebut sebagai berikut.
a. Uji persyaratan analisis yang diperlukan yakni: uji normalitas  sebaran data dan linieritas
1) Membuat tabel kerja statistik
No
X
Y
XY
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
1
80
80
6400
6400
6400
2
75
90
6750
5625
8100
3
75
70
5250
5625
4900
4
90
75
6750
8100
5625
5
70
85
5950
4900
7225
6
70
85
5950
4900
7225
7
75
80
6000
5625
6400
8
85
85
7225
7225
7225
9
65
75
4875
4225
5625
10
85
75
6375
7225
5625
11
70
75
5250
4900
5625
12
60
85
5100
3600
7225
13
85
80
6800
7225
6400
14
85
75
6375
7225
5625
15
80
80
6400
6400
6400
16
75
80
6000
5625
6400
17
70
75
5250
4900
5625
18
70
80
5600
4900
6400
19
75
85
6375
5625
7225
20
75
75
5625
5625
5625
21
75
75
5625
5625
5625
22
75
75
5625
5625
5625
23
85
75
6375
7225
5625
24
75
80
6000
5625
6400
25
65
70
4550
4225
4900
26
80
85
6800
6400
7225
27
70
85
5950
4900
7225
28
65
80
5200
4225
6400
29
95
75
7125
9025
5625
30
80
75
6000
6400
5625
31
70
75
5250
4900
5625
32
70
75
5250
4900
5625
33
80
75
6000
6400
5625
34
70
85
5950
4900
7225
35
80
85
6800
6400
7225
36
80
80
6400
6400
6400
37
75
85
6375
5625
7225
38
75
75
5625
5625
5625
39
71
70
4970
5041
4900
40
70
85
5950
4900
7225
Jumlah
3021
3155
238120
230241
249875
2) Merumuskan Hipotesis Nol
Bahwa tidak terdapat korelasi positif yang signifikan antara  Kebiasaan Menulis dengan Kemampuan Pemahaman Menulis.
3) Menyusun tabel kerja statistik sebagai berikut
No
X
Y
XY
(1)
(2)
(3)
(5)
(6)
(4)
1
80
80
6400
6400
6400
2
75
90
5625
8100
6750
3
75
70
5625
4900
5250
4
90
75
8100
5625
6750
5
70
85
4900
7225
5950
6
70
85
4900
7225
5950
7
75
80
5625
6400
6000
8
85
85
7225
7225
7225
9
65
75
4225
5625
4875
10
85
75
7225
5625
6375
11
70
75
4900
5625
5250
12
60
85
3600
7225
5100
13
85
80
7225
6400
6800
14
85
75
7225
5625
6375
15
80
80
6400
6400
6400
16
75
80
5625
6400
6000
17
70
75
4900
5625
5250
18
70
80
4900
6400
5600
19
75
85
5625
7225
6375
20
75
75
5625
5625
5625
21
75
75
5625
5625
5625
22
75
75
5625
5625
5625
23
85
75
7225
5625
6375
24
75
80
5625
6400
6000
25
65
70
4225
4900
4550
26
80
85
6400
7225
6800
27
70
85
4900
7225
5950
28
65
80
4225
6400
5200
29
95
75
9025
5625
7125
30
80
75
6400
5625
6000
31
70
75
4900
5625
5250
32
70
75
4900
5625
5250
33
80
75
6400
5625
6000
34
70
85
4900
7225
5950
35
80
85
6400
7225
6800
36
80
80
6400
6400
6400
37
75
85
5625
7225
6375
38
75
75
5625
5625
5625
39
71
70
5041
4900
4970
40
70
85
4900
7225
5950
Jumlah
3021
3155
230241
249875
238120
4) Menyusun data hasil kerja statistik ke dalam rumus
Berdasarkan tabel kerja diatas, diketahui bahwa:
N            = 40
∑Y         = 3155
∑X         = 3021
       = 230241
       = 249875
∑XY      = 238120
Rumus:
5) Menguji harga statistik hasil penelitian
Untuk menguji harga statistik hasil penelitian digunakan taraf signifikansi 5% dengan N= 40. Berdasarkan taraf signifikansi 5% dengan N= 40 diperoleh harga  sedangkan . Ini berarti , Sehingga hipotesis nol yang signifikan antara  Menulis dengan Kemampuan Pemahaman Menulis ditolak.
6) Menarik kesimpulan
Berdasarkan taraf signifikansi 5%, dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis nol yang menyatakan “tidak terdapat korelasi positif yang signifikan antara Menulis dengan Kemampuan Pemahaman Menulis adalah ditolak”, sehingga hipotesis alternative yang menyatakan “terdapat korelasi positif yang signifikan antara Menulis dengan Kemampuan Pemahaman Menulis adalah diterima”. Jadi, dapat diinterprestasikan bahwa Kebiasaan Menulis yang tinggi, cenderung diikuti oleh tingginya Kemampuan Pemahaman Menulis. Sebaliknya, bahwa Kebiasaan Menulis yang rendah, cenderung diikuti oleh rendahnya Kemampuan Pemahaman Menulis.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ETIKA (MORALITAS) PERSPEKTIF HINDU

PENYUSUNAN PROGRAM BIMBIMNGAN KONSELING

MANUSIA PERSPEKTIF HINDU